Program Penghargaan

Program penghargaan dimaksudkan untuk lebih memotivasi peserta didik untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapainya. Pemberian penghargaan dapat menjadi pendorong dan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih baik lagi. Jenis Penghargaan yang diterapkan di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo dibagi menjadi dua yaitu penghargaan prestasi akademik dan penghargaan prestasi non akademik.

  1. Penghargaan Prestasi  Akademik

Penghargaan ini diberikan kepada peserta didik yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Paling tinggi nilai rata-rata seluruh mata pelajaran pada Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) setiap jurusan.
  2. Menjuarai lomba baik tingkat kecamatan, kota, nasional maupun internasional baik secara individu maupun kelompok.

Reward yang diberikan adalah berupa Special Gift yang dipersiapkan oleh yanda bunda dan akan dijadikan siswa teladan selama satu semester. Jika terdapat dua atau lebih peserta didik yang memiliki nilai yang sama, maka akan diputuskan oleh dewan guru dengan mempertimbangkan sikap dan akhlak saat pembelajaran.

  1. Penghargaan Prestasi  Non  Akademik

Penilaian peserta didik dilakukan oleh yanda bunda dengan menggunakan instrumen observasi yang telah ditetapkan. Penghargaan ini diberikan kepada peserta didik yang memenuhi kriteria sebagai berikut.

  1. Paling tepat waktu saat sholat berjamaah di sekolah dan rumah
  2. Paling banyak tilawah al-Qur’annya di rumah
  3. Paling cepat menyelesaikan target hafalan

Pemberian penghargaan dilakukan dua kali yaitu pada saat akhir semester 1 dan akhir tahun pelajaran. Reward yang diberikan berupa Special Gift yang telah dipersiapkan oleh yanda bunda. Adapun reward bagi peserta didik yang meraih point positif tertinggi setiap bulannya akan mendapatkan apresiasi  dari kepala sekolah.

(Visited 44 times, 1 visits today)