Program Sekolah

  1. University Entrance Program

University Entrance Program merupakan program pendampingan ujian masuk PTN dan PTS favorit dilaksanakan selama 3 tahun dan dimulai sejak kelas X. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar lolos tes SBMPTN dan tes ujian mandiri dengan cara memberikan pembekalan pada Tes Kemampuan Dasar (TKD), tes kemampuan dasar SAINTEK untuk peminatan MIPA dan tes kemampuan dasar SOSHUM untuk peminatan IPS. Program ini dilaksanakan setiap pekan dikoordinatori oleh guru dan bekerja sama dengan bimbingan belajar yang kompeten. Kegiatannya meliputi Prepatarion for collage, University visit and share, Succes story

 

  1. Program Tahfidzhul Qur’an

Menghafal Al-Qur’an memiliki berbagai macam manfaat baik di dunia maupun akhirat diantaranya dapat menajamkan dan mencemerlangkan pikiran, mendatangkan keberkahan dan kebaikan Al Qur’an, kedua orang tua penghafal Al Qur’an mendapat kemuliaan dan lain sebagainya. Berdasarkan manfaat tersebut, sekolah menyelenggarakan  Program Tahfidzul Qur’an  dengan target minimal 3 juz selama 3 tahun. Pelaksanaan program ini melalui Halaqoh Qur’an yang dilaksanakan setiap pagi sebelum pembelajaran. Adapun target setiap kelas adalah sebagai berikut.

No Kelas Juz Jumlah Surat
1 Kelas X 29 11 Surat
2 Kelsa XI 28 9 Surat
3 Kelas XII 30 37 Surat

 

  1. Program English Conversation

Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Program English Corversation bertujuan untuk membekali setiap siswa untuk pahan, mengerti dan berbicara dengan bahasa inggris yang baik dan benar. Harapannya adalah ketika siswa berhasil dalam program ini akan familiar dengan mendengarkan, berbicara, dan menulis dalam bahasa inggris dan jika menginginkan, sekolah akan memfasilitasi siswa untuk diikutkan tes TOEFL. Sekolah menyelenggarakan program English Conversation yang dimasukkan dalam jam pembelajaran serta mengadakan English Day setiap hari rabu.

 

  1. Leardership and Entrepreneur

Salah satu standar mutu sekolah adalah membangun jiwa leadership dan entrepreneur. Untuk mewujudkan hal tersebut, disusunlah kurikulum yang khusus untuk mencapai tujuan tersebut. Terdiri dari 6 nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan pengusaha. Nilai-nilai tersebut adalah 1) Jujur, 2) Kerjasama, 3) Kepemimpinan, 4) Prestatif,  5) Kreatif dan 6) Mandiri. Pelaksanaannya selama 3 tahun (6 semester), setiap hari jum’at dengan menghadirkan guest teacher yang kompeten dibidangnya.

 

  1. ICT and Digital Learning

Dalam rangka memberikan layanan yang bermutu dan berkualitas kepada peserta didik dan OTM. Sekolah mengoptimalkan peran serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya diwujudkan dengan membuat pembelajaran online (e-learning), tes berbasis CBT, laporan hasil belajar siswa secara online.

 

  1. Program Bimbingan dan Konseling

Pelayanan BK adalah upaya untuk mengembangkan peserta didik mampu mengekspresikan diri dalam bentuk kehidupan efektif sehari-hari (KES) sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji, kebutuhan, potensi,  bakat, minat, kondisi dan tugas perkembangan, serta pengembangan arah peminatan mereka mengacu pada pencapaian tujuan pendidikan. Pelayanan BK menangani permasalahan peserta didik dalam bentuk kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu (KES-T), khususnya kehidupan di dalam lembaga satuan pendidikan, hubungan teman sebaya, kehidupan dalam keluarga, dan kehidupan sosial/ kemasyarakatan serta lingkungan sekitar.

Tujuan umum pelayanan BK mengacu pada sasaran pokok pembinaan pendidikan yaitu bahwa peserta didik diarahkan untuk ikut serta dalam mencapai tujuan pendidikan, yaitu dimilikinya oleh peserta didik kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Bimbingan konseling diberikan secara berkelompok/perkelas ataupun secara individu. Program bimbingan meliputi :

  1. Kehidupan pribadi
  2. Kemampuan sosial
  3. Kemampuan belajar
  4. Wawasan dan perencanaan karir

Program BK di SMA ASBS dilaksanakan selama jam sekolah berlangsung dan dibimbing langsung oleh seorang psikolog yang stand by di sekolah.

(Visited 133 times, 1 visits today)