PLS SMA AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

PLS-SMA-Al-Azhar 22 Jul

PLS SMA AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo, merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan guna menyambut kedatangan para peserta didik baru, baik kelas X maupun siswa baru mutasi kelas XI dan XII. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. PLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. PLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut, baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya. Tak terkecuali, dikenalkan pula dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah.

PLS di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membentuk watak dan kebiasaan peserta didik dalam menaati tata tertib di sekolah. Oleh sebab itu, semua kegiatan dalam PLS ditanamkan nilai-nilai dan kultur sekolah yang didukung dengan pembiasan yang islami guna tercapainya kegiatan belajar mengajar yang efektif dan terbentuknya akhlak yang mulia. Untuk itu, dengan kegiatan ini semua peserta didik baru diharapkan dapat memahami dan dapat segera beradaptasi dengan lingkungan SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo.

Demi tercapainya tujuan itu, kegiatan di PLS Al-Azhar Syifa Budi Solo tahun pelajaran 2019/2020 ini dirancang sedemikian rupa. Kegiatan PLS tahun ini mengambil tema “Be Yourself, Be Exellent”. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu Pengenalan Lingkungan Sekolah (Selasa- Jumat, 16-19 Juli 2019 di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo) dan Al-Azhar Youth Camp (Senin – Jumat, 22-26 Juli 2019 di Dk. Karang Bawang, Ds. Tegaron, Kec. Banyu Biru, Kab. Semarang dan di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo) yang di dalamnya telah dikemas dalam susunan acara yang menarik.

Sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk belajar dan mengembangkan potensi akademik maupun nonakademik peserta didik. Sebagai bagian dari lingkaran pembentukan karakter, sekolah dan orang tua sebagai salah satu stake holder mempunyai kewajiban secara bersama-sama mengembangkan pola pembelajaran di luar sekolah yang erat kaitannya dengan pembentukan karakter. Kegiatan Al-Azhar Youth Camp merupakan kegiatan yang dirancang khusus dengan mencari rumah-rumah penduduk di suatu daerah tertentu untuk dijadikan tempat tinggal sementara bagi peserta didik, berlangsung tiga sampai empat hari yang bertujuan untuk  menumbuhkan sikap kewirausahaan, tangguh, rasa syukur, jiwa sosial, dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan kecerdasan emosional mereka.

Kegiatan ini mempunyai makna yang sangat dalam bagi peserta didik baru, terutama dalam wawasan dan pola pikirnya. Dengan diselesaikannya kegiatan PLS nanti, diharapkan peserta didik selanjutnya dapat memiliki rasa empati, menerapkan kedisiplinan dan tepat waktu dalam segala kegiatan, menjadi lebih mandiri untuk mengurus diri sendiri, jujur, berperilaku sopan santun, bersikap religius siswa terutama sholat tepat waktu, kebiasaan membaca Al-Qur’an, meningkat kreativitas siswa dengan cara membuat produk entrepreuneur, dan seterusnya. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semua orang yang terlibat di dalamnya. Aamiin.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 7 = 16